Sabtu, 28 Januari 2012

Cara Merawat Jaket Kulit

Cara Merawat Jaket Kulit:
  1. Jangan terlalu lama dibiarkan dalam keadaan basah ataupun lembab, usahakan  jaket kulit dalm kondisi kering dalam suhu udara normal (suhu kamar). Jika jaket dalam keadaan basah, segeralah mengelapnya dengan menggunakan kain atau bahan lembut lainnya, jika kondisi jaket terlalu basah, jemurlah jaket tersebut dengan posisi kulit berada didalam.
  2. Jangan terlalu sering terkena air hujan. Air hujan yang terlalu sering mengenai jaket kulit, akan menyebabkan menurunnya kualitas jaket kulit. Jaket kulit sedikit demi sedikit akan mengalami perubahan yang ditandai dengan mengerasnya tekstur kulit itu sendiri dan menjadi rusak. Untuk sedikit melemaskan/melembutkan tekstur kulit tersebut, bilaslah dengan kain lembut dan oleskan sedikit pelembab kulit. Bilas secara merata sehingga tekstur kulit terlihat mengkilap dan lembut.
  3. Jaket kulit yang disimpan terlalu lama dengan kondisi penyimpanan yang tidak benar, akan menimbulkan bercak putih (Jamur) pada jaket kulit. Kondisi tersebut akan mengakibatkan kualitas jaket kulit menurut. Untuk menghilangkan bercak putih atau jamur tersebut, bisa dipergunakan lotion kulit (hand and body lotion) yang tersedia di toko/supermarket, atau dengan menggunakan cairan anti jamur untuk jaket kulit. Penggunaanya hampir sama yaitu dipergunakan dengan cara dibilas secara merata dengan menggunakan kain lembut.
  4. Jangan sekali-kali membersihkan jaket kulit dengan menggunakan sabun. Zat yang terkandung dalam cairan pembersih, sabut, deterjen, atau pembersih lainnya biasanya akan menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar dan mengeras. Oleh karena itu, hindari perawatan jaket kulit dengan menggunakan pembersih.
  5. Selalu keringkan bagian dalam jaket untuk menghindari kelembaban yang dapat menimbulkan bau tak sedap. Keringkan dengan cara dijemur seperlunya. Jika bau tak sedap sudah tidak dapat ditolerir, dapat dipergunakan cairan penghilang bau yang biasa disemprotkan pada helm.
  6. Pergunakan bahan yang tidak bereaksi dengan jaket kulit yang dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi buruk. Sekali-kali pergunakan pengkilap untuk mengkilapkan jaket kulit Anda.
Selamat Mencoba... Semoga Bermanfaat!

2 komentar: